Menag: Pemerintah Tak Diam Selesaikan Kasus Sampang

Written By Unknown on Jumat, 28 Juni 2013 | Jumat, Juni 28, 2013

By admin2 - Thu Jun 27, 11:30 pm

127002

Mosleminfo, Jakarta — Pemerintah tidak tinggal diam dalam menyelesaikan kasus "Sampang", dan pemindahan pengungsi di GOR Sampang Madura, ke Sidoarjo, Jawa Timur, belum lama ini merupakan bentuk dari kepedulian pemerintah agar pengungsi dapat berdomisili di lingkungan yang layak.

"GOR adalah sarana olahraga. Di situ jelas fasilitas untuk bermukim tidak mungkin dapat dipertahankan secara terus-menerus. Sebab, bisa berdampak pada kesehatan warga pengungsi itu sendiri. Sarana olahraga itu harus digunakan," kata Menteri Agama Suryadharma Ali kepada pers di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis (27/6) seusai melakukan kunjungan kerja ke Saudi Arabia.

Menag mengatakan, tinggal dan mengungsi di GOR selama berbulan-bulan justru mengganggu kesehatan bagi warga pengungsi. Karena itu, agar kesehatan dan kenyamanan bisa lebih baik, ada inisiatif untukmemindahkan mereka.

Mengenai perselisihan aliran Siah dan Sunni, yang menyebabkan 200 orang warga Syiah itu mengungsi dan kemudian bersikeras kembali ke kampung halamannya, Menag menjelaskan, jika dilihat dari putusan pengadilan, sesungguhnya tidak ada perselisihan antara Syiah dan Sunni di Madura. Yang ada adalah penistaan agama, sehingga berujung pada perselisihan.

Sejatinya, jika dilihat dari kasus awalnya, bukan persoalan sunni dan syiah. Yang ada adalah perselisihan keluarga terkait dengan wanita. "Tahu sendirikan, bagaimana kultur di sana jika hal itu mencuat," katanya.

Karena itu, ketika terjadi pembakaran pemukiman warga Syiah di sana, aparat kepolisian pun tidak tinggal diam. Warga Syiah diungsikan untuk sementara waktu. Tetapi dalam perkembangannya, mereka minta dikembalikan. "Jika warga Syiah kembali, lantas siapa yang bisa menjamin keamanan dalam 24 jam," ujar Menag.

Karena itu, Pemerintah memindahkan mereka dari GOR ke Sidoarjo. Lantas, sampai kapan mereka
bisa kembali ke kampung halamannya, tentu semua itu tergantung warga setempat. Jika sudah kondusif, tentu dimungkinkan warga Syiah untuk kembali ke kampung halamannya.

Sumber: Kemenag

  • Loading ... Loading ...

  • 0 views

admin2 28 Jun, 2013


-
Source: http://www.mosleminfo.com/index.php/berita/nasional/menag-pemerintah-tak-diam-selesaikan-kasus-sampang/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=menag-pemerintah-tak-diam-selesaikan-kasus-sampang
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar