Tempatnya Belajar dan Berbagi

Written By Unknown on Jumat, 13 September 2013 | Jumat, September 13, 2013

Tempatnya Belajar dan Berbagi


Menambah Icon/Gambar Pada Judul Postingan Blog

Posted: 11 Sep 2013 08:31 PM PDT


Memasang gambar atau icon di dalam blog pada satu sisi mungkin akan membuat blog kita lebih menarik tapi di sisi lain juga akan membuat loading blog kita semakin lambat. Tapi untuk temen-temen blogger yang ingin blognya tampil lebih menarik, kali ini saya punya satu lagi cara untuk memperindah blog, yaitu dengan menambah icon atau gambar di sebelah judul postingan. Tampilan judul postingan setiap template blogger berbeda-beda, tapi kebanyakan dari template tidak menyediakan fasilitas icon untuk judul postingannya. Nah, jika temen-temen tertarik berikut ini saya akan berikan langkah-langkah pembuatannya :

Langkah Pertama

  1. Siapkan gambar atau logo yang ingin anda pasang dalam format .gif atau .png karena kualitasnya lebih bagus
  2. Resize gambarnya menjadi (20px x 20px) atau (25px x 25px). Usahakan ukuran gambarnya jangan terlalu besar agar loading blog tidak berat.
  3. Jika sudah, upload ikon atau gambarnya ke image hosting yang anda gunakan atau upload saja pada blogger anda.
  4. Setelah upload, copy alamat gambarnya. Untuk contoh url gambar diatas https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsrePbLJBsfiBUEMHw2KdiEJm61TcM-XoMKBxtIi6a6QnFASqGzY41baeCFnfIxsHgpNDFHbxu-_iH2n9fN4u3gcHjO9HyaFK8r43F8Ay5kayUmu3cJYQ-hyCJaBWoQRFjR7gG-W-GL9o/s1600/maskolis+icon.png

Langkah Kedua
  1. Login ke blogger dengan akun anda
  2. Kemudian menuju Tata Letak
  3. Pada tab menu klik Edit HTML
  4. Silahkan backup dulu template dengan mengklik kotak kecil Expand Template Widget jika dirasa perlu.
  5. Cari kode berikut :
    .post h3 {
    color: #444;
    font-size: 140%;
    font-weight:100;
    padding: 6px 0 5px 48px;
    margin: 3px 5px 3px 5px;
    border-bottom: 1px solid #ddd;
    }
  6. Setiap template mempunyai kode yang berbeda-beda. Jadi yang perlu anda perhatikan adalah tulisan post h3 
  7. Kalau sudah ketemu, tambahkan kode background: url(URL gambar) no-repeat; dan edit nilai padding menjadi 6px 0px. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini
    .post h3 {
    color: #444;
    font-size: 140%;
    font-weight:100;
    padding: 6px 0 5px 48px;
    margin: 3px 5px 3px 5px;
    background:  url("https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoA31uj1p325fkLl93NqxZJlkWrgvSt49SlbsMXdYtRVpTgcpPP3IYaghmd0DiQwvjyXz1oF78-h5titdfNMoXQ5xSDvHDWj4NNQoUynTSohd-L1u5RdCq2H-VrWu57TSNqAW862eEG4w/s1600/headset-icon.png") 6px 0px no-repeat;
    border-bottom: 1px solid #ddd;
    }
  8. Kalau sudah, klik Save Template
  9. Selesai
Anda bisa ganti background icon atau gambar sesuai selera, dan jika temen-temen sudah memasangnya dengan benar maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini :


Selamat mencoba dan semoga tampilan judul posting blog anda semakin menarik.

Menyembunyikan Nav Bar di Blogger

Posted: 11 Sep 2013 08:31 PM PDT


Secara default setiap blogger yang baru saja dibuat pasti terdapat menu navbar. Navbar atau navigation bar adalah adalah fasilitas yang dimiliki oleh Blogger/blogspot, bentuknya berupa kotak kecil memanjang kesamping yang letaknya berada di bagian paling atas dari blog yang fungsinya antara lain untuk mulai melakukan Sign In/out atau bisa juga membuat Blog baru. Bagi anda yang belum jelas, di bawah ini adalah gambar dari navbar itu :

navbar maskolis

Bagi yang menggunakan template standar dari blogger biasanya toolbar ini akan muncul di halaman atas blog. Jika anda merasa kurang nyaman dengan keberadaan nav bar ini, anda bisa menghilangkannya dengan cara berikut:
  1. Login ke Blogger dengan akun anda.
  2. Kemudian klik menu Layout >> Edit HTML 
  3. Letakkan kode di bawah ini diatas ]]></b:skin>.
    #navbar-iframe {
    height:0px;
    visibility:hidden;
    display:none
    }
  4. Jika kurang jelas, perhatikan gambar di bawah ini
  5. navbar maskolis
  6. Jika sudah, klik Save Template.
  7. Selesai
Jika sudah selesai coba sekarang perhatikan, harusnya menu navbar itu sudah hilang. Jika anda ingin menampilkannya kembali tinggal hapus kode diatas. Jangan lupa untuk kasih komentar jika ada kesulitan, sekian dan semoga bermanfaat.

Cara Download Video Tanpa IDM atau Downloader

Posted: 12 Sep 2013 12:47 AM PDT

Hay sobat blogger !!
Kembali lagi akan memberikan tutorial tutorial lagi . Kali ini bukan berbagi software melainkan jasa website untuk Covert Video secara Online . Dengan menggunakan layanan ini , anda akan dengan cepat untuk mendapatkan jenis file yang anda inginkan tanpa bantuan software . Anda juga dapat download video streaming tanpa bantuan IDM atau downloader lainnya . Langsung saja ke intinya .

1. Masuk ke Online Video Converter
2. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini .
3. Pilih 3 option seperti gambardi atas . Lalu akan muncul tampilan seperti gambar berikut .
4. Masukkan link dan tekantombol pada bagian bawah kotak URL tersebut .
5. Pilih format video yang anda inginkan .
6. Tekan tombol arah panah lagi dan tunggu proses selesai .
7. Jika berhasil maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini .
8. Klik ikon seperti pada contoh gambar di atas untuk download . Happy Download !!

Sekian informasi untuk kali ini , semoga bermanfaat dan membantu anda . Jika kurangjelas silahkan komentar di bawah ini .
Sekian dan Terima Kasih



Membuat Tampilan Author Berbeda Pada Kotak Komentar

Posted: 11 Sep 2013 08:31 PM PDT


Setelah kita membuat reply pada kotak komentar, langkah selanjutnya adalah membedakan komentar pemilik blog dengan komentar pengunjung. Untuk membedakan komentar pemilik blog dengan komentar pengunjung bisa dengan latar belakang warna, latar belakang gambar, garis pembatas komentar, membedakan jenis huruf atau kotak komentar yang dibuat agak menjorok ke dalam. Istilah yang sering dipakai oleh orang Inggris sana adalah Highlight author comments, artinya menyorot komentar pemilik blog, kalau orang Indonesia bilang membedakan tampilan komentar pemilik blog, kira-kira begitulah. Manfaatnya tentu saja ada, membedakan komentar pemilik blog dan pengunjung pasti membantu pembaca mengetahui bahwa anda telah memberi tanggapan atas komentar yang masuk dari pengunjung blog anda.

Secara default pada template blogger kita tidak dapat melihat perbedaan antara komentar pengunjung serta tanggapan dari yang punya blog. Semuanya disama ratakan oleh blogger. Agar lebih jelas apa itu Highlight Author Comments, di bawah ini saya berikan contohnya :


Dari gambar diatas yang warna kuning adalah komentar pemilik blog. Mungkin anda telah melihat modifikasi kotak komentar blogger yang lain seperti yang sudah pernah dijelaskan oleh para master blogger Indonesia. Baiklah, jika temen-temen ingin membuat kotak komentar yang seperti itu (bukan yang lain), anda bisa mengikuti cara berikut :
  1. Login ke blogger dengan akun anda
  2. Kemudian pilih Layout
  3. Setelah itu pilih Edit HTML
  4. Jangan lupa centang kotak kecil Expand Template Widget
  5. Backup template anda dengan mengklik link Download Full Template untuk jaga-jaga kalo terjadi kesalahan, anda bisa menggunakan template yang sebelumnya.
  6. Cari kode ini :
    #comments-block .comment-body p {
    .................
    .................
    .................
    }
  7. Letakkan kode berikut di bawah kode tadi :
    .owner-Body {
    background:#808080;
    margin-left:20px;
    color:#000000;
    }
    .owner-Body p {
    text-align:justify;
    margin:0 0 .75em;
    padding-left:10px;
    background:#F2F5A9;
    border-left:5px solid #2E2E2E;
    }
    Ganti kode "color = warna teks" "background = warna latar teks" dan atur jarak sesuai kebutuhan agar serasi dengan warna dan template blog anda.
  8. Cari kode <dd class='comment-body'>
  9. Letakkan kode berikut diatasnya :
    <b:if cond='data:comment.author == data:post.author'>
    <dd class='owner-Body'>
    <p><data:comment.body/></p>
    </dd>
    <b:else/>
    Tambahkan juga kode
    </b:if>
    Sehingga secara lengkap hasilnya akan menjadi seperti ini :
    <b:if cond='data:comment.author == data:post.author'>
    <dd class='owner-Body'>
    <p><data:comment.body/></p>
    </dd>
    <b:else/>

    <dd class='comment-body'>
    <b:if cond='data:comment.isDeleted'>
    <span class='deleted-comment'><data:comment.body/></span>
    <b:else/>
    <p><data:comment.body/></p>
    </b:if>
    </dd>

    </b:if>
  10. Simpan template dengan mengklik tombol SAVE TEMPLATE
  11. Selesai
Temen-temen lihat hasilnya, maka tampilan komentar pemilik blog akan berbeda dari komentar pengunjung. Terima kasih sekali lagi buat o-om.com atas tutorialnya Tampilan beda untuk komentar pemilik blog. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Mendaftarkan Blog di Google Adsense

Posted: 11 Sep 2013 08:31 PM PDT


Google Adsense adalah program pay-per-click (PPC) milik raksasa perusahaan search engine, Google Inc. Jika kita bicara bisnis online, rasanya belum lengkap jika belum menyinggung Google Adsense. Faktanya, hampir semua pelaku bisnis online, baik yang memanfaatkan format situs ataupun blog, memang mempergunakan Google Adsense sebagai salah satu pilihan monetisasi bisnis online mereka (meskipun saat ini telah bermunculan banyak program PPC baru yang tidak kalah bagusnya dengan Google Adsense).

Jadi, jika kita menginginkan blog/web yang kita kelola ini dapat menghasilkan uang, saya sarankan untuk mendaftarkannya di Google Adsense. Sebenarnya masih banyak program-program monetisasi bisnis online berbasis PPC yang bisa Anda ikuti. Tapi kali ini saya yang akan saya bahas adalah tentang cara-cara untuk mendaftarkan blog/web kita di Google Adsense.

Langkah Pertama
  1. Buatlah blog di Blogger dengan menggunakan Bahasa Inggris, alasan saya merekomendasikan memakai blogspot karena menurut banyak pengalaman yang sudah terbukti memang lebih gampang kecuali sebelumnya kita sudah punya situs/blog sudah bagus dan punya traffic yang tinggi. Alasan lainnya karena Blogger sudah menjadi bagian dari Google sehingga google akan mengutamakannya.
  2. Gunakanlah email Gmail, jika belum punya silahkan daftar dulu Gmail. Pesan saya jangan mudah menyerah, karena untuk mendaftar Google Adsense susah-susah gampang dan pada awalnya banyak yang gagal tapi setelah dicoba terus akhirnya diterima juga. Saya sendiri sampai mendaftar 4x baru bisa di approve oleh Google, jadi sebelum mendaftar perhatikan dulu blognya kira-kira sudah bagus nggak?
  3. Usahakan isi postingannya panjang minimal 4 artikel dan bisa juga kita masukkan video (bisa diambil di Youtube atau Google). Jika dirasa perlu kita bisa meminta pendapat dari teman-teman yang sudah berhasil dibidang AdSense, intinya kita harus tahu apakah kira-kira blog kita sudah layak atau belum.
Langkah Kedua
  1. Menuju ke Google Adense untuk mendaftarkan blog/web kita.
  2. Klik tombol AdSense, kemudian akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu klik pada tulisan sign up now
    google adsense maskolis
  3. Muncul Form Registrasi seperti gambar di bawah ini, isi dengan lengkap
    google adsense maskolis
  4. Pada menu Website Information
    Website URL, tulis alamat situs atau blog Anda. Contoh: http://nama-blog.blogspot.com;
    Website Language, pilih English (gunakan website yang berbahasa Inggris).
  5. Pada Menu Contact Information;
    Account Type, pilih �Individual�;
    Country or Territory, pilih �Indonesia� atau negara mana saja yang Anda inginkan.
  6. Payee Name (Full Name)
    google adsense maskolis

    Tulis nama lengkap sesuai dengan KTP, SIM atau rekening bank.
    Address line 1, isi dengan alamat lengkap rumah
    Address line 2 (optional), isi dengan alamat yang lain misalnya : rumah saudara, teman. Telpon, (tidak wajib)
    Faksimil, (tidak wajib)
    Policies, centang semua kota yang ada tanda anda setuju mengadakan perjanjian dengan Google AdSense (sebaiknya baca dulu).
  7. Login Information, isi dengan alamat email yang akan dipakai untuk login ke account Google AdSense apabila nanti sudah diterima (email Gmail yang tadi), pakai email yang lain juga tidak jadi masalah. 
  8. SUBMIT INFORMATION, Periksa sekali lagi apakah semua sudah diisi dengan benar, jika sudah OK klik tombol SUBMIT INFORMATION.
  9. Cek Email, klik link validasi yang dikirim otomatis ke email anda.
  10. Selesai, saat yang paling ditunggu apakah kita diterima oleh Google atau malah ditolak. Biasanya setelah 2 sampai dengan 7 hari akan ada balasan dari Google, jika anda beruntung akan ada email seperti dibawah ini:
    Subject : Welcome to Google AdSense

    Congratulations!

    Your Google AdSense Application has been approved. Your account is now activated, and Google ads are being delivered to your pages. You can login to your AdSense account ata any time, to make change to your ad layout or to view your activity reports.

    Dan seterusnya �.
    Jika kurang beruntung anda akan dapat email kira-kira seperti di bawah ini:
    Unfortunately!


    Dan seterusnya �.
  11. Jika anda dapat email yang kedua, jangan bersedih dulu masih ada kesempatan selanjutnya. Kita bisa coba terus sampai berhasil, sangat sedikit orang yang berhasil mendaftar dengan sekali daftar saja, rata-rata 3 kali daftar baru bisa di Approve oleh Google. Untuk daftar yang kedua usahakan ganti data-data anda, ganti email, blognya, kalau perlu ganti topik bahasannya.
  12. Setelah anda diterima maka langkah selanjutnya memasang Iklan Google AdSense ke situs/blog kita.
Oke, itu tadi adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan blog/web kita di Google Adsense.Selamat mencoba, semoga langsung di Approve sama Google.

Tips Dasar-Dasar SEO

Posted: 11 Sep 2013 08:31 PM PDT


Kali ini saya akan membahas tentang hal-hal dasar yang harus temen-temen ketahui tentang SEO. Beberapa hal dasar ini mungkin terlupa bagi beberapa blogger. Tapi ini sangat penting untuk membangun kekuatan SEO anda. Perlu temen-temen semua ketahui bahwa SEO sangat penting dalam sebuah Blog, karena dengan pengetahuan tentang SEO yang kita punya maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan semua yang kita inginkan di internet seperti visitor dan pagerank.

SEO maskolis

Banyak para blogger yang mengatakan bahwa semakin tinggi PageRank blog maka semakin tinggi juga posisi di Search engine seperti Google, dan teori itu tidaklah 100% benar. Yang paling dominan membantu mencapai titik atas di Search engine bukanlah PageRank namun ilmu SEO. Nah, maksud saya disini adalah mengajak temen-temen semua untuk mempelajari bersama teknik atau tips dasar SEO yang akan berguna jika dipraktekkan. Baik, langsung saja saya akan bahas mengenai tips dasar-dasar SEO ini :

  1. Pemasangan Keyword di Judul Blog
  2. Sebelum membuat blog, pastikan Anda sudah memikirkan keyword atau kata kunci sehingga Anda lebih leluasa untuk menguasai keyword di Search Engine. Usahakan untuk memilih keyword yang paling sedikit kompetitor dan selain itu banyak menarik pengunjung, Anda bisa memikirkan sendiri. Jika sudah ketemu dengan keyword Anda, pasangkan di Judul, semisal blog Anda mempunyai keyword kecantikan, maka Anda bisa memakai judul 'Tips Kecantikan Wanita' atau yang lain sebagainya.
  3. Pemasangan Keyword di Meta Tag
  4. Jika Anda sudah selesai membuat Blog, pastikan Anda memasang Meta Tag seperti Meta Description dan Meta Keyword.
    Untuk Meta Keyword, sisipkan kode berikut di bawah kode <head> pada template Anda :   
    <meta content='keyword1, keyword2, keyword3, dll' name='keywords'/> 
    Dan untuk Meta Description, sisipkan kode berikut di bawah Meta Keyword tadi :
     <meta content='Deskripsi Blog Tentang Keyword disini' name='description'/>

  5. Memasang Keyword Pada Posting
  6. Pemasangan beberapa keyword pada posting juga sangat diperlukan. Dengan hal ini, membantu Google untuk mengindeks halaman posting Anda. Dan jangan lupa untuk memasang keyword pada awal posting, di antara 1-250 kata pertama dalam posting harus ada keywordnya
  7. Menggunakan Model Italic, Blod, dan Underline
  8. Gunakan model italic, bold dan underline setiap ada kata yang dianggap penting, biasanya keyword
  9. Gunakan Template SEO Friendly
  10. biasanya Anda melupakan hal ini, Anda justru memilih template yang banyak mengandung pesan error di dalamnya. Nah, dengan demikian hati-hati dalam memilih template untuk Blog Anda jika ingin terus dimanjakan oleh Google.
  11. Jangan Terlalu Banyak Gambar dan Script
  12. Hal ini ditekankan karena banyak juga di antara kita yang masih saja memberatkan blog dengan sript dan gambar yang tidak terlalu berguna, jika ingin ramah di Search Engine dan menghasilkan visitor yang banyak dari Search Engine, usahakan ukuran Blog Anda tidak lebih dari 100 Kb. Jika blog Anda berat, pasti visitor tidak akan betah di blog Anda dan ingin cepat-cepat keluar dari Blog Anda.
Diatas tadi adalah tips dasar untuk Anda yang sangat perlu Anda pelajari untuk memahami arti SEO. Jika anda ingin mempelajari teknik SEO untuk meningkatkan rank blog anda, anda bisa buka kembali artikel-artikel saya tentang SEO, sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar