Tempatnya Belajar dan Berbagi

Written By Unknown on Sabtu, 17 Agustus 2013 | Sabtu, Agustus 17, 2013

Tempatnya Belajar dan Berbagi


Memasang Google CSE di Bawah Posting Blog

Posted: 16 Aug 2013 09:34 AM PDT


Temen-temen blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google CSE yang merupakan tempat pencarian berdasarkan keyword yang diinginkan untuk menghasilkan pencarian yang Optimal yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Pada postingan ini akan membahas cara pemasangan Google CSE yang di tampilkan di bawah postingan, yang hasilnya nanti akan seperti gambar di bawah ini :
Google CSE maskolis

Jadi ketika kita membuka judul posting maka Google CSE ini akan tampil dibawah label dan menampilkan hasil pencarian dari keyword yang sesuai dengan label pada postingan. Seperti itulah kira kira, untuk contoh hasilnya yang telah di pasang Autofill Google CSE ini bisa lihat disini, Silahkan klik salah satu postingannya dan anda lihat pada bagian atas komentar atau dibawah label. Anda akan melihat tampilan Google CSE di bawah posting, ya karena ini memang blog demo jadi saya pasang berbagai macam kode HTML untuk praktik termasuk AutoFill Google CSE.

Script yang digunakan ini merupakan Script Autofill Google AJAX Search API CSE yang setelah saya coba coba akhirnya bisa juga di pasang. langsung saja pada proses pemasangannya :
  1. Masuk Dashboard >> Rancangan >> Edit HTML >> Expand Widget Templates
  2. Cari kode seperti ini <b:includable id='comments' var='post'>
  3. Masukan Script di bawah ini tepat dibawah kode di atas.
    <script src='http://www.google.com/jsapi'/>
    <script type='text/javascript'>
    google.load(&#39;search&#39;, &#39;1&#39;);
    function OnLoad() {
    var customSearchControl = new google.search.CustomSearchControl(&#39;ID-CSE-bloganda&#39;);
    customSearchControl.draw(&#39;content&#39;);
    customSearchControl.execute(&#39;<b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> OR </b:if></b:loop></b:if>&#39;);}
    google.setOnLoadCallback(OnLoad);
    </script>
    <div id='content'>Loading...</div>
  4. Ganti ID-CSE-bloganda dengan ID Google CSE Blogger kanmu. Pastikan blogger sudah mendaftar terlebih dahulu di google Cost0m Search Engine untuk bisa mendapatkan ID dari google CSE. 
  5. Jika sudah silahkan di save.
Pemasangan Google CSE di bawah postingan sudah selesai, jika anda mau autofill berdasarkan title postigan blog, anda tinggal ganti kode:
<b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> OR </b:if></b:loop></b:if>
dengan kode berikut (untuk autofill CSE berdasarkan title postingan):
<b:if cond='data:post.title'><data:post.title/></b:if>
Selamat mencoba semoga berhasil.

Membuat Teks Berkedip (Blink Text) di Blog

Posted: 16 Aug 2013 07:05 AM PDT


Satu lagi tutorial blog yang gampang sekali untuk  teman-teman praktikkan di blog masing-masing. Yaitu membuat tulisan berkedip atau blink text. Ini bukan sulap atau trik yang luar biasa, tapi saya sangat tertarik dengan blog yang ada tulisan berkedip-kedip di dalamnya. Setelah mempelajari triknya, saya pun posting artikel cara membuat teks berkedip atau bahasa inggris bilang blink text. Sebenarnya ada gunanya juga membuat blink text ini. Yang pasti, pengunjung blog akan terbawa dan terpancing untuk mengklik teks tersebut. Atau paling tidak semakin terfokus ke arah tulisan yang berkedip itu. Di bawah ini adalah contoh dari blink text :

"Jangan diklik, karena ini sangat berbahaya bagi kesehatan anda"

Jika temen-temen tertarik ingin membuatnya, atau mungkin ada yang sudah tahu malah. Baiklah bagi teman-teman yang belum tahu dapat mengikuti cara ini. Saya bilang ini sangat gampang tidak perlu edit HTML

<blink>Tulis kalimat temen-temen di sini</blink>

Nanti hasilnya akan seperti di bawah ini :

Tulis kalimat temen-temen di sini

Nah, cuma begitu aja kan? Gampang sekali, anda bisa ganti tulisan sesuai dengan keinginan tinggal tambah kode <blink> dan tutup dengan </blink>. Itu dulu tutorial kali ini semoga bermanfaat.

Membuat Background Gambar di Postingan Blog

Posted: 16 Aug 2013 06:32 AM PDT


Menampilkan Background gambar atau image background pada postingan blog akan membuat lebih menarik tampilan posting. Setelah artikel saya sebelumnya membuat bingkai tulisan di postingan, kali ini saya akan menjelaskan cara membuat background gambar pada tulisan yang akan kita posting. Untuk membuat latar belakang gambar posting, harus dilakukan pada bagian Edit HTML saat membuat postingan karena di sana akan ditambahkan beberapa kode latar belakang (image background).

Membuat backgroud gambar pada postingan

Seperti pada tutorial blog yang lain langkah pertama ya mesti login ke account blogger dulu. Kemudian masuk ke posting, pilih new post dan pilih Edit HTML. Berikut ini adalah kalimat yang akan diberi latar belakang gambar:

Saya secara pribadi memperbolehkankan blog saya ini dikopi paste atau disalin ke blog teman-teman yang lain. Nggak mencantumkan link sumbernya juga nggak pa-pa. Saya nggak bakal lapor ke Bos Google (serius),  tapi saya nggak bisa tanggung akibat yang lain (kreativitas teman-teman sendiri nanti yang akan tidak berkembang). Saya sendiri pun nggak yakin sama blog saya ini blog spam atau bukan. Bisa jadi besok saya udah nggak bisa posting lagi karena udah kena banned sama Bos Google karena tulisannya nggak karuan atau dilaporkan sama orang lain.
Kalau sudah, di bawah ini contoh kode untuk membuat background gambar :
<div style="background:url(image url address) no-repeat;">
Di sini Anda dapat ketik kalimat yang akan dibuat. Contohnya sudah saya siapkan di atas. Tutup posting dengan kode berikut
</div>

Kemudian ganti image url address dengan alamat gambar yang sudah disiapkan. Kalau saya biasa hosting image di blogger atau pakai photobucket image hosting Tergantung situasi dan kondisi bandwidth. Misalnya saya mengambil image url address untuk contoh di bawah adalah seperti ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLNppTxFn6zEzX3WwrjFYSk1pneRxy8QtI_XYKBDKV-erQr2HtinUE2mXm17K2nq7ORv75S0RYaQw3Xl4CmSHwY61_WQB4L8Rj5z0HhxVSGUgv9c6LNoyXFXV5QW6LBC4kgChb3WbROPI/s1600/mirror+maskolis.jpg
Sehingga secara lengkap penulisan kode background dan kalimat di posting menjadi seperti di bawah ini:
<div style="background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLNppTxFn6zEzX3WwrjFYSk1pneRxy8QtI_XYKBDKV-erQr2HtinUE2mXm17K2nq7ORv75S0RYaQw3Xl4CmSHwY61_WQB4L8Rj5z0HhxVSGUgv9c6LNoyXFXV5QW6LBC4kgChb3WbROPI/s1600/mirror+maskolis.jpg) no-repeat;">
Saya secara pribadi memperbolehkankan blog saya ini dikopi paste atau disalin ke blog teman-teman yang lain. Nggak mencantumkan link sumbernya juga nggak pa-pa. Saya nggak bakal lapor ke Bos Google (serius),  tapi saya nggak bisa tanggung akibat yang lain (kreativitas teman-teman sendiri nanti yang akan tidak berkembang). Saya sendiri pun nggak yakin sama blog saya ini blog spam atau bukan. Bisa jadi besok saya udah nggak bisa posting lagi karena udah kena banned sama Bos Google karena tulisannya nggak karuan atau dilaporkan sama orang lain.
</div>
Dan ini adalah hasil lengkap posting dengan image backgroud:

Saya secara pribadi memperbolehkankan blog saya ini dikopi paste atau disalin ke blog teman-teman yang lain. Nggak mencantumkan link sumbernya juga nggak pa-pa. Saya nggak bakal lapor ke Bos Google (serius), tapi saya nggak bisa tanggung akibat yang lain (kreativitas teman-teman sendiri nanti yang akan tidak berkembang). Saya sendiri pun nggak yakin sama blog saya ini blog spam atau bukan. Bisa jadi besok saya udah nggak bisa posting lagi karena udah kena banned sama Bos Google karena tulisannya nggak karuan atau dilaporkan sama orang lain.

Bagaimana, sangat sederhana bukan? Kode di atas masih bisa ditambah lagi atau dimodifikasi seperti misalnya mengatur jarak ke tepi posting, besar huruf, dan perataan kalimat, tergantung selera saja. Semoga temen-temen tidak kesulitan dan selamat mencoba...

Update Mengaktifkan Plugin Akismet di Wordpress

Posted: 16 Aug 2013 04:51 AM PDT


Jika temen-temen  pengguna Wordpress sudah membaca artikel saya tentang Blog SPAM, pasti anda akan butuh plugin yang satu ini. Pada artikel itu saya menjelaskan bagaimana kita harus mewaspadai aktivitas spammer yang dapat merugikan kita. Bagi pengguna wordpress tentunya tidak asing dengan Plugin Akismet.  Plugin wordpress ini harus anda aktifkan, karena dengan plugin ini bisa menyelamatkan blog anda dari komentar SPAM. Komentar SPAM ini biasanya dilakukan olah orang menggunakan program yang dianggap robot oleh akismet, sehingga komentar yang tidak layak untuk blog anda akan di blokir oleh plugin ini. 

Bagi temen-temen yang belum punya plugin tersebut dapat anda download disini. Untuk mengaktifkan plugin ini anda harus mempunyai kode API. Kode API bisa dengan mudah anda dapatkan, caranya dengan membuat akun di wordpress.com. Jika anda belum mempunyai akun di wordpress.com, silahkan anda mendaftar di wordpress dan membuat 1 blog gratisan. Kemudian anda masuk ke dashboard Wordpress.com dan lihat di profile anda, atau bisa juga di menu "edit profile". Disana akan terlihat kode API yang bisa anda gunakan untuk aktivasi plugin akismet, kode API ini juga bisa di gunakan untuk blog anda yang lain. Berikut ini adalah tampilan kode API di profile worpress.com:


Untuk mengaktifkan plugin akismet, silahkan anda login ke Wp-Admin blog anda, kemudian klik pada plugin seperti gambar di bawah ini:


Kemudian klik "Activate" pada plugin ini, dan anda akan diarahkan untuk memasukkan kode API seperti gambar di bawah ini:


Anda juga bisa memasukkan kode API dengan melakukan klik pada "Akismet configuration" di bawah menu Plugins di samping kiri. Selanjutnya klik pada "enter your wordpress API key" untuk memasukkan kode API yang telah anda simpan tadi.


Jika anda sudah memasukkan kode API, jangan lupa untuk menyimpannya dengan melakukan klik pada "update option". Sampai disini anda telah selesai mengaktifkan plugin akismet untuk wordpress anda. Dengan plugin akismet ini, anda akan bisa melihat berapa jumlah komentar SPAM pada blog anda, dan anda juga bisa menampilkannya di sidebar blog anda.

Semoga bermanfaat

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

0 komentar:

Posting Komentar