Kasus Syiah Sampang, "Award" untuk SBY Tak Pengaruh

Written By Unknown on Minggu, 23 Juni 2013 | Minggu, Juni 23, 2013

Anggota Komisi III DPR, Eva K Sundari, menyoroti kasus kerusuhan warga Syiah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Menurutnya, World Statesman Award yang diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari Appeal of Conscience Foundation (ACF) tidak membawa pengaruh apa pun untuk warga Syiah yang menjadi korban kerusuhan.
"Award tidak mengubah keadaan karena memang pemberian tidak berbasis prestasi apa pun, bahkan bertolak belakang dari fakta," kata Eva saat dihubungi pada Jumat (21/6/2013).
Politisi PDI Perjuangan ini menganggap penghargaan itu hanya sekelebat angin segar yang belum bisa mendorong Presiden untuk menyelesaikan kasus intoleran di Indonesia. Nyatanya, konflik di Sampang yang terjadi sekitar sembilan bulan lalu itu tetap belum terselesaikan.
"Ada pemaksaan harapan, menghibur diri, tapi kasus Sampang membuka mata bahwa award tidak membawa pengaruh pada Presiden untuk mengambil tindakan konkret bagi permasalahan intoleransi," ujarnya.
Untuk diketahui, sudah sembilan bulan kasus kerusuhan warga Syiah di Sampang meletus. Namun, pemerintah belum serius menangani keberadaan para pengungsi. Akibatnya, saat ini para pengungsi masih bertahan di lokasi pengungsian karena tidak diperbolehkan pulang.
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Surabaya, Andy Irfan Junaidi, mendesak pemerintah segera mencari solusi terbaik untuk menangani kasus ini. Pasalnya, walaupun para pengungsi mendapat bantuan dari pemerintah, kondisi pengungsian jauh dari layak. Tak ayal, para pengungsi meminta agar mereka dapat kembali ke kampung halamannya di Desa Karang Gayam dan Desa Bluuran.
Tidak hanya itu, Andy mengatakan, para pengungsi hanya dibiarkan menganggur. Bahkan anak-anak pun tidak dapat bersekolah. Meski ada tempat khusus untuk belajar, tidak ada guru yang datang ke sana untuk memberikan pengajaran.
Editor : Ana Shofiana Syatiri

A PHP Error was encountered

Severity: Notice
Message: Undefined property: stdClass::$view_quiz
Filename: views/read-article-alt2.php
Line Number: 325
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Kontroversi Penghargaan SBY
http://nasional.kompas.com/read/xml/2013/06/21/1105158/Kasus.Syiah.Sampang.Award.untuk.SBY.Tak.Pengaruh

0 komentar:

Posting Komentar